
The data obtained used instrument test has tested validity and reliability. The techniqeue of collecting sample used sampling jenuh. The population in this research is all of students at eleventh grade students of SMK Widya 2 Batam in 2018/2019 academic year with two classes that total 34. The type of this research was quasi experimental research with Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. This research intent to know: (1) influence of learning model of Team Assisted Individualization to mathematics learning result, (2) the influence of conventional learning model on mathrmatics learning autcomes, (3) differences in Team Assisted Individualization learning model with conventional learning model on mathrmatics learning autcomes. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari () (3,0962,093) (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari () (1,844 2,160), (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualzation denganmodel pembelajaran konvensionalterhadap hasil belajar Matematika( = 3,385 = 2,037)Kata Kunci :Team Assisted Individualization, Hasil Belajar. Abstract. Analisis data yang digunakan adalah one sample t test dan independen sample test. Data diperoleh dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik pengampilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh.

Populasi penelitian adalah seluruh Siswa Kelas XI SMK Widya 2 Batam tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design.


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar matematika, (2) Pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar matematika, (3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar matematika.
